Perempuan mana sih yang gak pengen punya aksesoris yang bisa menambah penampilan? Pasti hampir setiap perempuan memimpikan dan menginginkannya. Tapi, apakah Anda sudah sepenuhnya tahu ‘rahasia kecil’ dari batu permata yang satu ini?

Sumber: http://newmedialisa.com/

Nah, agar Anda semakin dekat dengan ‘sahabat’ Anda tersebut, yuk cari tahu dulu beberapa fakta unik dari berlian.

  1. Berlian buatan sama bagusnya dengan berlian alami

Berkat kemajuan teknologi, kini hadir berlian buatan dengan bentuk dan kilau yang sama seperti berlian alami, bahkan harganya pun sama mahalnya dengan harga berlian alami. Cara membuat berlian ini sendiri meniru cara bumi membuat berlian alami. Jadi, Anda tidak memerlukan waktu berjuta-juta tahun lamanya untuk mendapatkan berlian, karena kini Anda bisa mendapatkan berlian hanya dalam waktu beberapa hari.

  1. Dianggap sebagai batu permata langka

Banyak yang berpikir bahwa berlian merupakan salah satu batu permata yang langka, sehingga memiliki harga yang mahal. Ternyata anggapan tersebut tidak benar. Faktanya, beberapa perusahaan besar sudah menggali berlian dari kerak bumi. Persediaannya sendiri bahkan cukup untuk anak cucu Anda nanti.

Tapi, beberapa perusahaan besar penambang berlian di dunia memang membatasi jumlah berlian yang dipasok di pasaran. Hal ini dilakukan untuk menaikkan nilai jual berlian itu sendiri. Sesuai dengan hukum ekonomi, jika permintaan di pasar melebihi persediaan barang maka nilai jual barang tersebut akan semakin tinggi.

  1. Berlian sebagai multi fungsi

Jika selama ini Anda menyangka berlian hanya berfungsi untuk perhiasan, maka Anda salah besar. Kenapa bisa begitu? Jadi, saat ini berlian banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan, seperti cat kuku dan masker wajah. Tidak hanya itu, berlian ternyata juga digunakan sebagai alat untuk memotong lensa pada kacamata. Bahkan sebelum pembuat perhiasan menyadari nilai jual berlian yang cukup tinggi, mereka menggunakan berlian untuk memotong batu permata lainnya. Wah pasti Anda gak nyangka kan?

  1. Cincin tunangan berlian = strategi marketing

Tahukah Anda? Salah satu strategi marketing terlama dan tersukses adalah cincin tunangan berlian. Strategi marketing ini digagas oleh De Beers, produsen berlian nomor satu di dunia pada tahun 1930-an. Tahun tersebut merupakan masa terburuk dalam penjualan berlian. Untuk mengubah pandangan masyarakat mengenai berlian, maka De Beers menyewa jasa N.W Ayer & Son, advertising agency pertama di Amerika, untuk mengubah sudut pandang warga Amerika terhadap berlian.

Agency ini kemudian menyebarkan campaign bahwa berlian adalah simbol dari cinta dan romansa. Mereka juga menyewa beberapa selebriti Hollywood untuk memakan cincin dari berlian. Dari sinilah cincin pertunangan berlian semakin digemari oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia.

  1. Berlian memiliki beberapa warna

Selama ini Anda memang lebih mengenal dan menggunakan berlian putih/ bening serta berlian hitam untuk perhiasan. Tetapi, selain dua warna tersebut ternyata berlian juga hadir dengan warna lainnya, lho. Berlian dengan warna-warni yang menarik, seperti biru, pink, dan kuning ini disebut fancy colored diamond. Bagaimana? Berminat menggunakan perhiasan dengan berlian warna-warni? 

  1. Primadona dan diidamkan setiap Orang

Batu mulia yang satu ini memang menjadi primadona sejak lama. Tidak hanya bisa digunakan sebagai perhiasan, berlian juga bisa dijadikan sebagai lahan investasi. Tak ayal, memiliki berlian merupakan sebuah kebanggan yang luar biasa.

  1. Menjadikan mewah bagi pemaikainya

Ketika berlian digunakan, maka kepercayaan diri pemakainya akan meningkat. Dan biasanya, kepribadiannya pun akan terbawa layaknya berlian. Bahkan gaun yang dikenakannya pun akan menyelaraskan dengan berlian. Alhasil, ketika seorang perempuan keluar dengan menggunakan berlian, maka ia adalah seorang yang full package alias sempurna.