Anda tentunya sering mendengar ungkapan “Berlian adalah sahabat terbaik wanita”. Betul? Batu mulia yang satu ini memang memiliki pesona yang sulit untuk diabaikan. Hampir setiap orang yang melihat kilaunya, pasti terpana. Apalagi kalau sampai bisa memakainya. Tentu bahagia tak terkira.

Berlian menjadi spesial dan bernilai tinggi tentu bukan tanpa alasan. Salah satu alasan mendasar tidak lain karena berlian merupakan buah karya alam yang bisa habis jumlahnya. Dan untuk bisa mendapatkan berlian, prosesnya sendiri terbilang lama. Sebab dibutuhkan waktu jutaan tahun hingga berlian terbentuk sempurna.

Sementara itu, diklaim sebagai batu mulia terkeras di dunia, berlian kerap dijadikan sebagai bintang utama dalam industri perhiasan. Seperti diolah menjadi cincin, anting, kalung, dan masih banyak lagi.

Harganya? Tak perlu ditanya lagi. Untuk berlian seberat 0,200 gram atau satu carat saja, harganya bisa dibanderol Rp 100 jutaan lebih.

Tapi, tunggu dulu. Harga tersebut hanya berlaku untuk berlian biasa tanpa warna alias colorless diamond. Sejatinya, berlian terdiri dari dua jenis: colorless diamond dan fancy color diamond.

Fancy color diamond sendiri merupakan berlian yang memiliki warna alami. Tergolong langka, berlian ini biasanya hadir dalam warna merah, kuning, biru, hingga merah muda.

Jika sudah begini, harga batu mulia ini bisa melambung hingga puluhan kali lipat. Semua karena keunikan dan kelangkaan yang dimiliki berlian tersebut.

Berikut ini, sederet berlian paling mahal dan terkenal di dunia! Apa saja, sih? 

  1. The Golden Jubilee Diamond

Sumber: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/

Berlian jenis ini merupakan bintang raksasa yang ditemukan di tambang De Beers, Transvaal, Afrika Selatan. Saat ditemukan pada 1985, Golden Jubilee memiliki bobot sebesar 755 carat atau 151 gram!

Setelah diasah, berlian kecokelatan ini memiliki bobot akhir 545,67 carat atau 109,134 gram. Dengan warna champagne nan eksotis, berlian ini dijual kepada pebisnis Thailand bernama Henry Ho.

Dari Henry, berlian ini berpindah tangan ke Paus John Paul II, lalu Imam Besar Thailand, dan dipersembahkan kepada Raja Thailand Rama IX Bhumibol Adulyadej sebagai hadiah peringatan 50 tahun ia bertahta. Inilah yang membuat berlian ini diberi nama The Golden Jubilee Diamond.

Kini, berlian ini dipamerkan di Pimammek Golden Temple Throne Hall dalam Royal Museum Bangkok. Harganya ditaksir berkisar antara US$4juta – US$12 juta, atau Rp 54 miliar – Rp 162 miliar.

  1. The Earth Star Diamond

Sumber: https://i.ytimg.com/

Berlian 248,9 carat ini ditemukan pada 1967 oleh Jagersfontein Mine di Afrika Selatan. Berlian ini dimiliki oleh De-Beers. Setelahnya, batu berwarna keemasan ini diasah oleh Louis dan Jack Baumgold di New York. Dibentuk menyerupai pir, bobotnya menjadi 111,59 carat.

Setelah melanglang buana, berlian ini akhirnya kembali ke tanah asalnya, Afrika Selatan, pada 1971. The Star of the South laku terjual pada 1983 dengan harga US$900 ribu atau Rp 12,1 miliar.

  1. The Incomparable Diamond

Sumber: https://i.pinimg.com/

Pada tahun 1984 silam, berlian kuning seberat 407.49 carat ini pertama ditemukan di Republik Kongo, Mbuji Mayi. Awal mula ditemukan, batu mulia ini memiliki bobot 890 carat atau 178 gram!

Sebelum diasah jadi 14 berlian kecil, berlian ini dipercaya sebagai yang terbesar di dunia. Anda bisa melihatnya sendiri, betapa unik dan cantiknya berlian ini!

Incomparable Diamond diasah oleh tim yang dikepalai oleh Marvin Samuels, Donald Zale, dan Louis Glick yang membelinya dari tambang De-Beers nan legendaris.

Saking langkanya berlian raksasa ini, butuh waktu bertahun-tahun sebelum memutuskan jenis asahan yang tepat untuknya. Clarity atau kejernihan berlian ini sudah tak diragukan lagi.

Pada 1988, berlian ini dilelang senilai US$20 juta atau Rp 270 miliar, namun tak berhasil terjual. Saat itu, penawaran tertinggi terhenti pada US$12 juta atau Rp 162 miliar saja.

Awal 2000-an, berlian ini dijual di eBay dengan harga $15juta atau Rp 202 miliar, dan masih belum terjual.

  1. The Hope Diamond

Sumber: http://images.mentalfloss.com

Nah, mungkin Anda dari tadi sudah penasaran seperti apa wujud berlian senilai US$250 juta atau setara RP. 3,3 triliun itu. Bisa dikatakan, berlian biru yang memiliki bobot 45,52 carat ini merupakan berlian termahal di dunia.

Hampir tidak ada yang menduga bahwa ternyata, berlian raksasa ini ditemukan di India pada tahun 1642 silam. Hope Diamond digunakan sebagai mahkota oleh Raja Luis ke-14. Namun berlian ini dicuri pada era revolusi Prancis. Pada 1830, Hope Diamond dibeli oleh kolektor berlian bernama Henri Thomas Hope.

Meski cantik dan berharga fantastis, berlian ini dipercaya terkutuk dan mampu mendatangkan kesialan bagi pemiliknya. Wah, kalau seperti ini belinya pun akan sangat enggan pastinya. Bagaimana, Anda berminat?