Berlian terbaik? Pasti kebanyakan dari Anda berpikir berasal dari luar negeri. Padahal kualitas lokal, banyak juga yang sudah Go International. Termasuk berlian dari Kalimantan ini. Bahkan, berlian hasil dari Bumi Pertiwi ini masih saja menduduki peringkat nomor satu dunia. Namun sangat disayangkan, akibat pengolahan yang kurang maksimal membuat harga berlian Kalimantan ini nilainya tidak lebih tinggi dari berlian asal Afrika Selatan dan negara lainnya.

Sumber: http://cdn2.tstatic.net/

Hal ini juga sempat diakui oleh pemilik wahana edukasi berlian Indo Wisata Permata (IWP), Yopi Mesa Yudi. Dan salah satu penyebab menurunnya harga berlian tersebut tidak lain karena proses pembuatannya yang masih tradisional. Inilah factor kenapa berlian Kalimantan tidak pernah menghasilkan berlian kualitas excellent. Bahkan cara pembuatan tradisional di Kalimantan pun diakui sulit untuk menghasilkan berlian kualitas good dan very good. Kebanyakan kualitasnya justru fair dan poor. Tentu sangat disayangkan, bukan? Padahal, secara kualitas, berlian Kalimantan yang terbaik. Kilau berlian Kalimantan pun dianggap memiliki keunikan tersendiri. Hal ini disebabkan tingkat kekristalan berlian Kalimantan yang lebih kuat serta warna-warnanya yang indah. Kemudian, kematangan bahan baku itu sendiri membuat berlian ini memiliki kualitas yang berbeda.

Saat ini, untuk meningkatkan kualitas perajin berlian, pihaknya telah mendatangkan ahli pembuatan berlian dari India. Mereka akan melatih perajin Kalimantan mengolah bahan baku berlian dengan cara modern. Dan tentunya, dengan harapan berlian lokal bisa bersaing di dunia.

Sebab, tingkat kualitas berlian sangat memengaruhi harga. Selisih harga excellent ke very good sebesar 20 persen, lalu dari very good ke good 30 persen. Dengan demikian, selisih dari excellent ke good mencapai setengahnya atau 50 persen. Tentu sangat disayangkan, bukan?

Oleh sebab itu, saat ini tengah dicari berbagai solusi untuk meningkatkan daya jual berlian Kalimantan. Salah satunya, dengan mendatangkan tenaga ahli dari India. Kenapa India? Karena hampir 90 persen berlian di dunia diproses di kota Sirat, India. Dan keahlian orang India merupakan warisan para leluhur yang sudah turun-temurun. Dengan melibatkan ahli berlian India didukung proses pembuatan terkini dengan sistem laser, diharapkan berlian Indonesia bisa menjadi lebih baik.